Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Apa itu ‘coffee cupping’? Buat kamu yang masih asing sama istilah ini, coffee cupping adalah sebuah metode (boleh juga dibilang seni) untuk mengevaluasi karakteristik kopi. Et dah, buat apa kopi dievaluasi segala? Iya, ternyata ada sekitar 800 karakter kopi dari beragam jenis di dunia. Coffee cupping digunakan untuk mengecek kualitas kopi dan menentukan blending kopi agar sesuai dengan keinginan kita.
.
Nah ada 3 gerakan yang dikenal dalam proses coffee cupping, yaitu sniffing, slurping, dan swallowing. Yuk, kita belajar satu-satu :
.
1. Sniffing
Proses ini dilakukan dengan menghirup aroma kopi. Wangi kopi biasanya dicicipi mulai dari setelah di-roasting, diseduh, hingga sebelum diminum. Salah satu trik menghirup wangi kopi adalah dengan memakai sendok. Setelah kopi diseduh, pakailah bagian sendok yang cembung untuk mengambil krema (ampas kopi) kemudian hidup aromanya sekencang mungkin.
2. Slurping
Slurping adalah menyeruput air kopi dengan posisi gigi merapat guna menyaring beberapa air kopi yang masuk ke mulut. Ini membuat sensor rasa di mulut bisa merasakan kopi lebih detail.
3. Swallowing
Ini adalah proses menelan air kopi. Proses ini memerlukan memori rasa agar cupping berhasil. Kopi yang dicicipi harus diseduh dengan metode tubruk sehingga mengalami ekstrasi natural, pastikan kopinya juga tidak diaduk terlebih dahulu.
.
Kamu tau ga sob, karena coffee cupping ini munculah profesi khusus yang memang kerjaannya menilai kopi, namanya Q grader. Karena butuh keahlian khusus para Q grader ini dibayar sangat tinggi untuk mencicipi kopi. Haduh kok kayaknya enak banget ya...
.
#solusibuku #miminbagibagiinfo #coffeecupping
Apa itu ‘coffee cupping’? Buat kamu yang masih asing sama istilah ini, coffee cupping adalah sebuah metode (boleh juga dibilang seni) untuk mengevaluasi karakteristik kopi. Et dah, buat apa kopi dievaluasi segala? Iya, ternyata ada sekitar 800 karakter kopi dari beragam jenis di dunia. Coffee cupping digunakan untuk mengecek kualitas kopi dan menentukan blending kopi agar sesuai dengan keinginan kita. . Nah ada 3 gerakan yang dikenal dalam proses coffee cupping, yaitu sniffing, slurping, dan swallowing. Yuk, kita belajar satu-satu : . 1. Sniffing Proses ini dilakukan dengan menghirup aroma kopi. Wangi kopi biasanya dicicipi mulai dari setelah di-roasting, diseduh, hingga sebelum diminum. Salah satu trik menghirup wangi kopi adalah dengan memakai sendok. Setelah kopi diseduh, pakailah bagian sendok yang cembung untuk mengambil krema (ampas kopi) kemudian hidup aromanya sekencang mungkin. 2. Slurping Slurping adalah menyeruput air kopi dengan posisi gigi merapat guna menyaring beberapa air kopi yang masuk ke mulut. Ini membuat sensor rasa di mulut bisa merasakan kopi lebih detail. 3. Swallowing Ini adalah proses menelan air kopi. Proses ini memerlukan memori rasa agar cupping berhasil. Kopi yang dicicipi harus diseduh dengan metode tubruk sehingga mengalami ekstrasi natural, pastikan kopinya juga tidak diaduk terlebih dahulu. . Kamu tau ga sob, karena coffee cupping ini munculah profesi khusus yang memang kerjaannya menilai kopi, namanya Q grader. Karena butuh keahlian khusus para Q grader ini dibayar sangat tinggi untuk mencicipi kopi. Haduh kok kayaknya enak banget ya... . #solusibuku #miminbagibagiinfo #coffeecupping