Jangan Takut Minum Kopi Di Bulan Puasa, Yuk Ikuti Tips Berikut Ini!

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Banyak orang menghindari minum kopi ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Efek samping yang ada pada kafein dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah pencernaan. Namun ternyata mengonsumsi kopi pada saat menjalankan ibadah puasa juga memiliki banyak manfaat positif lho. Tentu saja jika tidak dikonsumsi secara berlebih dan tahu cara menikmatinya. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips mengonsumsi kopi di bulan puasa. Jadi kamu para penikmat dan penggemar kopi tidak ragu lagi untuk menyeruput kopi saat buka puasa ataupun sahur.

1. Secangkir Kopi Setelah Berbuka Puasa
Kopi tetap tidak dianjurkan sebagai minuman berbuka puasa karena sifatnya yang asam berbahaya bagi pencernaanmu yang masih kosong. Awali dulu berbuka puasa dengan air putih dan makanan yang manis. Ambil rentang waktu satu jam setelah berbuka puasa untuk menimkati secangkir kopi. Akan lebih baik lagi jika minum kopi sesaat sebelum shalat Isya dan Tarawih. Ini akan membuat menjadi lebih berenergi dan mengusir rasa kantuk saat ibadah Tarawih.

2. Kopi Saat Sahur
Minum kopi diperbolehkan pada saat sahur, tapi hindari lebih dari satu cangkir ya. Kamu juga diharuskan minum kopi setelah makan sahur, dan yang terpenting jangan lupakan minum air putih. Secangkir kopi saat sahur akan membantu mengusir rasa kantuk sehingga kamu akan lebih semangat dalam memulai aktivitas di pagi hari.

3. Jangan Sampai Lupa Minum Air Putih
Air putih adalah sebaik-baiknya asupan cairan bagi tubuh. Di bulan puasa, tubuh akan lebih memerlukan cairan. Karenanya selalu cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih yang cukup saat berbuka puasa dan sahur. Air putih juga berfungsi menyeimbangkan asupan kafein dari kopi sehingga manfaat positif dari kopi dapat kita peroleh tanpa mengganggu ibadah puasa.

4. Pilih Jenis Kopinya
Sebisa mungkin hindari varian kopi dengan tingkat keasaman yang tinggi. Atau bisa juga pilih varian latte kalau kamu masih ragu untuk minum kopi hitam. Saat ini juga sudah ada kopi decaffein (kopi yang mengandung lebih sedikit kafein) yang lebih ‘bersahabat’ untuk dikonsumsi bagi kamu yang sensitif terhadap kafein. Pilihlah juga kopi yang bijinya tidak terlalu lama disangrai dan tidak terlalu lama disimpan.

5. Secangkir Kopi Untuk Pasangan Tercinta
Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Pharmacology, Biochemistry, and Behaviour Journal oleh Dr. Fay Guarraci di Southwestern University in Georgetown, Texas, berpendapat bahwa kafein dalam kopi yang dikonsumsi secara wajar mampu merangsang syaraf yang berkaitan dengan kerja seksual. Secangkir kopi rendah gula untuk kamu dan pasanganmu setelah menjalankan ibadah Tarawih bisa jadi menu malam yang cocok untuk “ena-ena” menjelang sahur hehehe.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.